Komisi Informasi Prov. Kepri Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik di Kemenag Kab. Karimun


Karimun (Inmas) - Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Riau melakukan visitisasi ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Senin (25/11/2019) dalam rangka monitoring dan evaluasi Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2019.

Komisi Informasi Prov Kepri yang melakukan monev tersebut terdiri atas Hamdani, S.Sos. Anggota Komisi Informasi Provinsi Kepri didampingi 2 orang staf dari Komisi Informasi yakni Evita Misiani.S dan Nurbariah Tiarawati.

Kasubbag TU H. Kholif Ihda Rifai selaku PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran dari Tim Komisi Informasi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

"Terimakasih kami sampaikan atas kehadiran bapak ibu dari Komisi Informasi, Dapat kami sampaikan bahwa dalam implementasi Keterbukaan Informasi Publik kami selalu berupaya untuk memenuhi semua ketentuan yang berlaku. Dan harapan kami dari Komisi Informasi dapat memberikan saran dan masukan kepada kami jika masih ada ditemukan kekurangan disana-sini dan Insya Allah akan dilakukan perbaikan dimasa-masa mendatang." Ungkap H. Kholif Ihda Rifai.

Sementara itu, Hamdani. S.Sos. menyampaikan bahwa keberadaan Komisi Informasi adalah sebagai jembatan diantara masyarakat yang membutuhkan informasi dan lembaga publik sehingga dalam banyak kasus dari Komisi Informasi selalu berupaya menyelesaikan permasalahan sengketa informasi melalui mediasi.

"Jika ada sengketa informasi, kita selalu berupaya menyelesaikannya melalui mediasi diantara kedua pihak. Dan keterbukaan informasi publik itu tidak berarti terbuka seterbuka-bukanya tetap ada batasan-batasan, ada informasi yang dikecualikan, yang tidak bisa dibuka untuk publik sebagaimana diatur dalam peraturan perundangundangan." Jelas Hamdani.

Sementara itu Muntazhir sebagai Pranata Humas yang menangani Keterbukaan Informasi Publik di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dalam eksposenya memaparkan secara umum implementasi Keterbukaan Informasi Publik yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2019 dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Penulis: Muntazhir

Comments