H. Jamzuri Minta Jajarannya dapat Melaksanakan Tupoksi dengan Konsep 3E

Karimun (Inmas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Jamzuri meminta jajarannya untuk dapat memahami dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik dengan konsep 3E, yaitu Ekonomis, Efesien dan Efektivitas. Hal tersebut ia sampaikan saat memimpin rapat dinas yang dilaksanakan Kamis kemarin (9/1/2020) di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Karimun.

"Sesuai dengan arah baru kebijakan dalam pengawasan yakni diterapkannya Audit Kinerja 2.0 atau Audit Tugas dan Fungsi, dimana audit ini diarahkan untuk mengukur unsur fungsi, sub fungsi, komponen, serta sub komponen dari masing-masing satuan kerja. Dan tujuan dari Audit Kinerja 2.0 adalah untuk mendapatkan keyakinan yang memadai terhadap kinerja satuan kerja yang meliputi  aspek kehematan (ekonomis), efisiensi, dan efektivitas (3E)." jelas H. Jamzuri dihadapan pegawai Kemenag Karimun yang mengikuti rapat tersebut.

Selanjutnya  H. Jamzuri menjelaskan bahwa Audit Kinerja Tugas dan Fungsi akan melihat empat fungsi utama yang dilakukan oleh satuan kerja/organisasi dan merupakan inti dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dilakukan, yaitu fungsi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan, dan pencapaian hasil (outcome).


Penilaian Pertama pada audit  kinerja bidang tugas dan fungsi adalah pada fungsi perencanaan, meliputi perencanaan  strategis (renstra), perencanaan kerja tahunan (RKT), dan pembagian tugas pegawai.

Penilaian Kedua yang dilaksanakan dalam audit kinerja bidang tugas dan fungsi adalah pada fungsi Pelaksanaan, meliputi manajerial, dukungan manajemen, serta kegiatan pendidikan dan pelatihan.

Penilaian Ketiga dalam pelaksanaan, audit kinerja tugas dan fungsi adalah pada fungsi evaluasi dan pelaporan meliputi : sub fungsi evaluasi capaian kinerja, laporan kinerja (LKj),dan laporan keuangan (LK).

Penilaian Keempat dalam pelaksanaan audit tugas dan fungsi adalah pada fungsi pencapaian hasil (outcome). Dan pada penilaian fungsi pencapaian hasil ini ada empat sub fungsi yang dilakukan, yaitu : Pencapaian target tahunan satker/sator, Pencapaian target tahunan Kantor Kemenag berupa Prestasi/Penghargaan; Nilai PMPRB (Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi); dan Hasil survey.  (Muntazhir)

Comments