Ka. Kankemenag Karimun Ikuti Kegiatan Rakernas Dirjen Bimas Islam 2020

Karimun (Inmas) - Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun H. Jamzuri mengikuti kegiatan Rapat Kerja Nasional Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Tahun 2020 di Audotirum HM. Rasjidi Gedung Kementerian Agama RI, Jl. M.H Thamrin Nomor 6, Jakarta. Senin 2 Maret 2020.

Kegiatan Rapat Kerja Nasional Dirjen Bimas Islam ini dalam rangka pelaksanaan program dan anggaran yang berfokus pada prioritas program  sesuai dengan visi dan misi serta sasaran pembangunan nasional di bidang agama.

Diikuti sebanyak 591 peserta dari seluruh Provinsi Indonesia, Rapat Rapat Kerja Nasional Dirjen Bimas Islam ini diikuti oleh Ka. Subbag Perencanaan, Kabid Urais dan Binsyar, Kabid Penais, Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi serta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

H. Jamzuri menjelaskan bahwa dalam kegiatan Rakernas Bimas Islam ini Menteri Agama Fachrul Razi sebagai keynote Speech dengan materi tema “Pengarusutamaan Gerakan Moderasi Beragama di Indonesia Melalui Pendekatan Dakwah, Budaya, dan Pemberdayaan Ekonomi Umat” meminta Ditjen Bimas Islam fokus terhadap visi pembangunan keagamaan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024. Menurutnya, ada tiga isu besar yang harus dirumuskan, yaitu: penguatan moderasi, ekonomi umat, dan juga dakwah.

Kegiatan Rakernas Bimas Islam ini juga akan diisi dengan dialog tentang kebijakan terkait kebimasislaman dan diskusi panel tentang Sinergitas Program Kerja Ditjen Bimas Islam dan Lembaga Legislatif yang disampaikan oleh panelis Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Direktur Urais dan Pembinaan Syariah, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Direktur Penerangan Agama Islam dan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf.

Terakhir, kegiatan Rakernas Bimas Islam diisi dengan diskusi panel Akselerasi Manajemen Perencanaan dan Keuangan yang disampaikan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi dengan tema Optimalisasi Anggaran Fungsi Agama, Deputi Bidang Pembanguan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas, Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu dan Ketua Komisi VIII. 

Penulis: Pranata Humas Muntazhir.



Comments