Kemenag Karimun Gelar Rapat Persiapan Audit Kinerja 2.0

Karimun (Inmas) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun menggelar rapat dalam rangka mempersiapkan Audit Kinerja 2.0, Senin (2/3/2020) bertempat di ruang pertemuan FKUB Kabupaten Karimun dan dipimpin langsng oleh Kas. Subbag TU Tugiatno.

"Audit kinerja 2.0 adalah audit yang untuk memastikan  efisiensi, efektivitas dan kehematan dari seluruh aspek proses dan  operasi baik di bidang keuangan, akuntansi, operasional, sumber daya manusia, teknologi informasi dan kegiatan lainnya." Kata Tugiatno memulai rapat.

Adapun yang menjadi objek audit kinerja 2.0 , jelas Tugiatno lagi dimulai dari Perencanaan yang terdiri atas Penyusunan Program Kerja, Penyusunan Anggaran dan Pembagian Tugas Pegawai.

"Untuk Penyusunan Anggaran dokumen yang harus dipersiapkan adalah Renstra, bukti usulan renstra, RKT, Perkin dan publikasi di website dan media sosial. Untuk Penyusunan Anggaran yang harus dipersiapkan adalah RKA-KL, bukti usulan, TOR dan RAB per-output dan data dukung lainnya seperti dasar perhitungan. Dan terkait Pembagian Tugas Pegawai yang harus dipersiapkan adalah seperti ANJAB, ABK, SKP dan distribusi pegawai." Kata Tugiatno.

Selanjutnya objek dari pemeriksaan Audit Kinerja 2.0 adalah Pelaksanaan dari Perencanaan yang telah dibuat, diantaranya tentang manajerial, Pengelolaan Anggaran dan Pengelolaan Kepegawaian dan Tatalaksana.

"Selain itu adalah terkait dengan Kerukunan Umat Beragama mulai dari laporan kegiatan FKUB, data-data FKUB dan dokumen koordinasi lintas sektoral yang telah dilakukan oleh FKUB." Tambah Tugiatno.

Audit selanjutnya adalah terkait Evaluasi dan Pelaporan, yang diaudit adalah tentang evaluasi capaian kinerja berupa notulensi dan dokumentasi pelaksanaan rapat. Laporan Kinerja mulai triwulan pertama hingga triwulan keempat, analisis LK dan lainnya.

Terakhir pencapaian hasil berupa hasil hitungan pencapaian target perkin, sertifikat atau prestasi penghargaan baik di tingkat lokal maupun nasional termasuk nilai PMRB dan PMZI serta hasil survei internal.

Hasil rapat memutuskan bahwa semua dokumen yang harus disiapkan sudah diserahkan ke Kasubbag TU paling lambat tanggal 17 Maret 2020.

Tampak hadir dalam rapat tersebut adalah semua Kepala Seksi dan Penyelenggara di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Karimun yakni Kasi Bimas Islam H. Riadul Afkar, Kasi Pendis M. Khairum, Kasi PHU Endang Sry Wahyu, Penyelenggara Syariah H. Samsudin, Penyelenggara Buddha Sudir, dan Penyelenggara Kristen Johannes serta pegawai lainnya yang menangani Keuangan, Kepegawaian, BMN, Arsiparis dan Pranata Humas.

Penulis: Pranata Humas Muntazhir.

Comments