MTsN Karimun Beri Apresiasi Kepada 50 Siswanya Yang Hafidz Juz 30


Karimun (Inmas) – MTsN Karimun memberikan apresiasi kepada 50 siswa kelas IX yang telah menyelesaikan Program Tahfizul Quran Juz 30 berupa Piagam Penghargaan, Sabtu (28/9/2020) yang turut dihadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, M. Khairum, S.Ag. MM.

 

Dalam sambutannya M. Khairum menyampaikan bahwa program hapalan Al-Quran atau dikenal One Day One Ayat tidak terlepas dari implementasi kurikulum Tahun 2013 yakni program pemerintah untuk membangun karakter anak bangsa.

 

"Harapan dari kurikulum 2013, kalau karakternya sudah bagus maka akan dapat memotivasi siswa untuk cinta pada Al Quran, kalau sudah cinta pastinya rahmat dari Al Quran akan kita dapatkan,” Kata M. Khairum.

 

Program hafalan Al-Quran ini juga sejalan dengan program One Day One Ayat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA di Kabupaten Karimun.

 

“Program ini juga sejalan dengan visi misi Kabupaten Karimun yang berlandaskan iman dan taqwa dengan tujuan untuk membangun karater generasi muda anak Karimun agar semakin cinta dan termotivasi belajar membaca Al-Quran. Dengan menghapal al Quran nantinya nilai-nilai Al Quran dapat diimplementasikan dalam kehidupan mereka sehari-hari sebagai bekal untuk generasi penerus di Kabupaten Karimun.” Tambah M. Khairum.

 

Selanjutnya, M. Khairum menyampaikan bahwa membaca al Quran merupakan ibadah, sebagaimana terdapat dalam ayat dan hadist yang menjelaskan betapa besarnya pahala yang diperoleh orang yang membaca dan mengamalkan al Quran.

 

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." Tambah M. Khairum  mengutip sebuah hadits riwayat dari Imam Bukhari.

 

Selain dihadiri oleh Kasi Pendis Kemenag Kab.Karimun, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Komite MTsN Karimun, Lurah Tg. Batu Barat dan seluruh wali murid penerima Piagam Tahfidz.

 

Sementara itu, Kepala MTsN Karimun Hj. Siti Syarifah menyampaikan bahwa Program Tahfidz ini telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dan sudah menjadi program pemerintah Kabupaten Karimun. Acara pada hari ini semestinya dlaksanakan dalam bentuk Acara Wisuda Santri Tahfizul Quran oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.

 

“Namun, oleh karena sekarang masih dalam masa pandemi, maka kegiatan acara wisuda hafizul quran dibatalkan, oleh karena itu pihak Madrasah berinisiatif agar ada apresiasi kepada siswa yang telah menyelesaikan Tahfidz Quran Juz 30 ini. Kemenag Kabupaten Karimun membuat Piagam Penghargaan kepada siswa yang sudah menyelesaikan program Tahfizul Quran dan langsung ditandatangani oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun dengan harapan bisa memberi motivasi kepada siswa lainnya dan kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun dengan acara yang sama.” Kata Hj. Siti Syarifah.

 

Kegiatan penyerahan piagam penghargaan kepada siswa MTsN ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya mencegah penularan virus Covid-19. Acara diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi yang dibacakan oleh perwakilan siswa peserta tahfidz, pembacaan doa, sepatah kata dari Ketua Komite MTsN, sambutan Kepala MTsN Karimun, sambutan dari Ka. Kantor Kemenag Kabupaten Karimun yang diwakili oleh Kasi Pendis sekaligus pemasangan Selempang dan Penyerahan Piagam. (*)

Comments