Masjid Baiturrahman Kabupaten Karimun - Kemenag Kabupaten Karimun
Headlines News :
## Kementerian Agama Kantor Kabupaten Karimun ## Kementerian Agama Kantor Kabupaten Karimun ## Kementerian Agama Kabupaten Karimun ##
Home » » Masjid Baiturrahman Kabupaten Karimun

Masjid Baiturrahman Kabupaten Karimun

Written By Kemenag Karimun on Friday, 6 September 2013 | 20:50

Kemenag Kabupaten Karimun - 
Masjid Baiturrahman Kabupaten Karimun
foto dan gambar Inilah Masjid Raya Baiturrahman Kabupaten Karimun oleh Kemenag Karimun
Banner Masjid Raya Baiturrahman Kabupaten Karimun 1
Banner Foto dan Gambar Masjid Raya Baiturrahman Kabupaten Karimun 1 oleh Kemenag Karimun
Gambar Masjid Raya Baiturrahman Kabupaten Karimun 2
Foto dan Gambar Masjid Raya Baiturrahman Kabupaten Karimun 3 oleh Kemenag Kabupaten Karimun
Foto Masjid Raya Baiturrahman Kabupaten Karimun 3
Masjid Baiturrahman yang merupakan masjid terbesar kedua di Bumi Berazam diresmikan Bupati Karimun Nurdin Basirun yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, Jumat (17/2).  Penandantanganan prasasti disaksikan Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq dan unsur Muspida dan tokoh masyarakat lainnya.

Bangunan masjid pada lantai satu terdapat lima pintu yang menandakan pelaksanaan shalat lima waktu. Kemudian di lantai dua memiliki tujuh pintu. Terdapat tujuh tangga, di antaranya 2 di sisi Utara, 2 di sisi Selatan, 2 di sisi Timur yang merupakan tangga utama dan 1 di bagian Utara untuk akses imam masjid. Yang masing-masing berjumlah 17 anak tangga. Hal ini berarti di masjid tersebut terus menerus dilakukan aktivitas shalat berjamaah 17 rakaat sehari semalam.

Masjid Baiturrahman Kabupaten Karimun Adapun ukuran di dalam masjid seluas 17,5 meter x 17,5 meter yang bermakna masjid tersebut melaksanakan shalat 17 rakaat dalam lima kali sehari semalam. Tinggi bangunan masjid 13 meter dengan maksud rukun shalat wajib ada 13.  Sedangkan kuba masjid berdiameter 8 meter dan tinggi 4 meter. Hal ini bermakna masjid dapat dilihat dan dimasuki dari 8 penjuru mata angin dan pengikut 4 mazhab besar dalam Islam dan dapat melaksanakan shalat di masjid itu.

Adapun bentuk ornamen kubah luar berbentuk gelombang air yang di atasnya terdapat kaligrafi Allah dalam bentuk bulan, terbuat dari tembaga yang bermakna masjid tersebut tidak henti-hentinya bertasbih dan mengagungkan nama Allah, seperti halnya ombak di lautan.

Sedangkan warna cream dipadukan antara kuning dan putih dari masjid tersebut diartikan bahwa permulaan manusia diciptakan dari tanah (coklat). Selanjutnya menuju dan mencapai kemuliaan, (kuning) dan terakhir menuju bahagia (putih).

Menara masjid dibangun setinggi 33 meter yang diartikasn sebagai buah tasbih. Artinya memuji Allah. Kemudian karpet sajadah berwarna merah biasanya digunakan untuk kedatangan pejabat, namun arti dari karpet merah di sini yaitu mengagungkan tamu Allah di dalam masjid.

Di dalam kuba masjid terdapat kaligrafi Asmaul Husna serta hiasan gantungan dari kaca berwarna warni dengan dipadukan lafaz 13 nama wajib bagi Allah.

Bupati Karimun Nurdin Basirun mengatakan, bangunan dari masjid tersebut merupakan karya anak asli Karimun yang merupakan suatu kebanggaan. "Jumlah masjid yang cukup banyak merupakan suatu kebanggaan bagi kita untuk mempertajam ajaran Islam. Karena pada zaman Rasulullah, masjid merupakan pusat informasi, sehingga hal ini harus dapat dilaksanakan sebagaimana yang dilakukan olehnya," jelas Nurdin.

Masjid Baiturrahman Kabupaten Karimun Sementara itu, Ketua Umum pengurus Masjid Baiturrahman, Arnadi Supaat mengatakan, masjid tersebut bukan milik Pemda, melainkan milik masyarakat. sebelum diresmikan, sejak tiga minggu belakangan, masjid tersebut sudah dilakukan kegiatan shalat lima waktu.

"Jamaahnya juga cukup ramai, sekitar 200 orang dari segala usia. Masjid ini mampu menampung sekitar 400 jamaah untuk lantai atas, dan 450 jamaah untuk lantai bawah. Sedangkan untuk plaza atau halaman mampu menampung sekitar 3000 jamaah," jelas Arnadi.(gan)
Foto Masjid Raya Baiturrahman Kabupaten Karimun 4 oleh Kemenag
Foto dan Gambar Masjid Raya Baiturrahman Kabupaten Karimun 4

Foto dan Gambar Masjid Raya Baiturrahman Kabupaten Karimun 5 oleh http://kemenagkarimun.blogspot.com
Masjid Baiturrahman http://kemenagkarimun.blogspot.com

Masjid Baiturrahman Dilengkapi 7 Tangga oleh Kemenag Kabupaten Karimun
Masjid Baiturrahman Kabupaten Karimun di Malam Hari

Masjid Baiturrahman Dilengkapi 7 Tangga oleh Kemenag Kabupaten Karimun

Masjid Baiturrahman Kabupaten Karimun

Masjid Baiturrahman Kabupaten Karimun Sekilas Mengenai Arsitektur Masjid Baiturrahman Teluk Air Masjid ini Diresmikan oleh Bupati Kab.Karimun Nurdin Basirun .Memiliki dua lantai yang luas nya 17,5 M. Pada Tiga sisi yaitu sisi utara,timur dan selatan Tujuh buah tangga dengan tangga utama yang berada di sisi timur.jumlah anak tangga masing masing sisi sebanyak 17 buah yang bermakna 17 raka'at dalam satu hari satu malam.1 Menara Setinggi 33 meter yang bermakna tasbih 33 kali.Masjid ini Berciri khas Timur Tengah yang dapat menampung 950 jemaah.warna pada masjid ini melambangkan warna khas melayu yang memiliki akar budaya islami.Setiap org yang akan berwisata kesini akan di kejutkan pemandangan yan sangat indah dari atas menaranya masjid ini dianggarkan senilai Rp6,7 Miliar yang di latar belakangi 4 Azam Kab.Karimun yaitu Azam peningkatan kualitas iman dan taqwa dan Azam Peningkatan Kualitas Sumber daya manusia.

 Masjid Baiturrahman berlokasi di Teluk Air, kecamatan Karimun - Kepulauan Riau. Diresmikan pada tanggal 17  Februari 2012 oleh Bapak Bupati setempat, letaknya diatas bukit dan pemandangannya langsung ke arah laut.
Kalau dilihat, Masjid Baiturrahman memang menarik perhatian. Karena memiliki desain gedung dan ornamen dinding yang sangat indah. Kaligrafi yang menghiasi langit-langit dalam Masjid Baiturrahman adalah asmaul husna. 

Bangunan Masjid memang tidak terlalu luas, tapi kelihatan megah dan indah. Terdiri dari 2 lantai, lantai pertama terdapat ruangan serba guna, tempat wudhu, toliet dan beduk. Lantai kedua digunakan untuk tempat sholat berjamaah.



sumber tulisan, foto dan gambar Masjid Raya Baiturrahman Kabupaten Karimun:
http://masjidbaiturrahmankarimun.blogspot.com/.
http://www.haluankepri.com/news/karimun/25024-masjid-baiturrahman-dilengkapi-7-tangga.html.
http://karimuntrevel.blogspot.com/2013/06/awonderful-mosque.html.
http://chai-capcay.blogspot.com/2012/08/wisata-ramadhan-masjid-baiturrahman.html.

 
Share this article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Edited By Muntazhir | Mas Template
Copyright © 2011. Kemenag Kabupaten Karimun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger