Skip to main content

Kemenag RI: Wamenag Nasaruddin Umar: Berdirinya Kemenag untuk Keutuhan NKRI

Kemenag RI: Wamenag Nasaruddin Umar: Berdirinya Kemenag untuk Keutuhan NKRI. Jakarta  [ItjenNews] -  “Hanya di Indonesia, negara yang pertama kali di dunia ini yang mempunyai Kementerian Agama yang bertugas untuk menangani urusan kepentingan agama-agama. Sejak berdirinya, 3 Januari 1946, Menteri Agama H.M.Rasjidi menegaskan bahwa berdirinya Kementerian Agama adalah untuk memelihara dan menjamin kepentingan agama serta pemeluk-pemeluknya,” terang Wakil Menteri Agama.
“Saat ini, Kementerian Agama genap berusia 68 tahun. Berbagai proses panjang sejarah telah ditempuh dan dilaluinya, beberbagai pergantian bentuk kabinet pun telah dirasakan. Namun Kemenag tetap eksis dan berdiri sebagai salah satu Kementerian yang mampu menjaga keberagaman umat beragama sebagai wujud/pilar keutuhan NKRI.” tegas Wamenag sebagai Instruktur Upacara HAB Ke-68 di Lapangan Banteng (Jum’at, 03/1). 

Informasi terkait Upacara HAB Kemenag 68 tahun 2014
http://kemenagkarimun.blogspot.com/2014/01/bupati-karimun-jadi-inspektur-upacara.html
http://kemenagkarimun.blogspot.com/2014/01/upacara-hab-kemenag-ke-68-berlangsung.html
http://kemenagkarimun.blogspot.com/2014/01/petugas-upacara-hab-kemenag-ke-68.html
http://kemenagkarimun.blogspot.com/2014/01/usai-upacara-hab-ke-68-kemenag-karimun.html
http://kemenagkarimun.blogspot.com/2014/01/upacara-hab-kemenag-ke-68-di-kabupaten.html
http://kemenagkarimun.blogspot.com/2014/01/foto-upacara-hari-amal-bhakti-hab.html
http://kemenagkarimun.blogspot.com/2014/01/esok-upacara-hab-kemenag-ke-68-di-kab.html
http://kemenagkarimun.blogspot.com/2014/01/hari-amal-bakti-ke-68-kementerian-agama.html
http://kemenagkarimun.blogspot.com/2014/01/doa-upacara-hari-amal-bhakti.html

Nasaruddin Umar juga mengajak seluruh pegawai Kemenag untuk sejenak mengenang latar sejarah berdirinya Kemenag. Ia menjelaskan bahwa sehari setelah pembentukan Kementerian Agama, H.M.Rasjidi selaku Menteri Agama pertama kali menegaskan bahwa berdirinya Kementerian Agama adalah untuk memelihara dan menjamin kepentingan agama serta pemeluk-pemeluknya.

Kemenag RI: Wamenag Nasaruddin Umar: Berdirinya Kemenag untuk Keutuhan NKRIUpacara peringatan HAB Kemenag yang ke-68 ini dipusatkan di Kantor Kementerian Agama Jl. Lapangan Banteng Jakarta Pusat. Turut hadir dalam peringatan ini seluruh pejabat Unit Eselon I Pusat dan pegawainya.
Dalam sambutannya Wamenag berharap bahwa Hari Amal Bakti Kementerian Agama agar dijadikan moment refleksi kepada seluruh pegawai untuk selalu menjaga profesionalitas kerja dan menjaga amanah/tanggung jawabnya. Sehingga kinerja yang dilakukan mampu memberikan dampak positif dan perbaikan pelayanan publik untuk kepentingan umat.

“Upacara peringatan HAB yang rutin dilakukan, tidak sekedar menjadi rutinitas tahunan, namun bagaimana moment ini bisa dijadikan media introspeksi diri untuk perbaikan kinerja,  sarana evaluasi, dan merespon pelayanan publik menuju Kementerian yang menerapkan reformasi birokrasi dan tatanan pemerintahan yang baik (good governance). Sehingga semua harus saling mengisi dan tidak dibenarkan mengedepankan ego sektoral.” tandasnya pula []Kemenag RI: Wamenag Nasaruddin Umar: Berdirinya Kemenag untuk Keutuhan NKRI

Comments